Blog Toko
Temukan event, kabar terbaru, dan promosi terbaru di sini!
Feb 12, 2021
Yuk Kenalan Sama Reusable Menstrual Cup

Dengan misi membuat gaya hidup hijau menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk masyarakat Indonesia, KindKain hadir dengan Reusable Menstrual Cup / Cawan Menstruasi Pakai Ulang sebagai pilihan pengganti pembalut yang lebih ramah lingkungan, sehat, mudah dipakai, dan tahan lama. 


Reusable Menstrual Cup di desain sebagai pilihan pengganti pembalut yang memberikan rasa nyaman untuk para perempuan Indonesia selama masa menstruasinya. Reusable Menstrual Cup terbuat dari bahan 100% medical grade silicone dengan diameter dalam 3.5cm, diameter luar 4.4 cm, dan tinggi 6.3 cm. Menscup ini bisa digunakan hingga 12 jam dan mampu menampung sebanyak 20 ml serta cocok untuk perempuan berumur 18 tahun keatas (yang belum melahirkan secara normal). Reusable Menstrual Cup menjadi pilihan produk alternatif terbaik yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali dengan masa pakai hingga 10 tahun.


Cara pakai:


Lipat bagian atas menscup dan masukkan ke dalam daerah intim. Menscup akan terbuka dan terpasang sehingga menjaga darah menstruasi tetap berada di dalam cup hingga 12 jam. 

Jika sudah penuh, cubit bagian ujung menscup lalu lipat dan keluarkan. 

Cuci menscup dengan air bersih dan menscup siap dipasang kembali.


Cara perawatan:

Rebus menscup dengan air mendidih selama 5 menit sebelum pemakaian pertama kali dan setiap selesai siklus menstruasi tiap bulannya.

Jika sudah bersih, keringkan menscup lalu simpan di kantong penyimpanan dan bisa digunakan kembali ketika siklus menstruasimu datang.

Jan 20, 2021
Kenalan Sistem Belanja Curah, Yuk!

Ifan Naufal Nugroho

21 Januari 2021

Durasi: 5 Menit



Belanja ini, belanja itu, akhirnya numpuk di rumah dan bisa menjadi sampah. Wah pasti sering banget di masyarakat yang laper mata dan pengennya beli sesuatu dalam jumlah yang banyak. Kalo ini dibiarkan secara terus menerus, bisa-bisa jumlah sampah semakin banyak dan keuangan mu bakal cepat menipis. Salah satu caranya supaya cara belanja mu lebih terorganisir, coba dengan sistem belanja curah yuk!


Apa itu belanja curah?

Pernah dengar toko curah? Toko curah biasa juga dikenal dengan bulk store. Pada dasarnya toko curah atau bulk store adalah sebuah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari dari mulai bumbu-bumbu dapur, cemilan, peralatan ramah lingkungan, dan lain-lainnya yang dijual dalam bentuk curah. Biasanya toko curah menawarkan sistem dimana barangnya tidak dilengkapi dengan kemasan. Lalu kamu bisa mengambil barangnya dengan wadah pakai ulang yang bisa dibawa sendiri dari rumah atau menggunakan wadah yang disediakan oleh toko tersebut.


Sistem curah menawarkan kamu untuk membeli barangnya saja tanpa harus membayar kemasan lebih seperti di supermarket konvensional. Setelah barang diambil sesuai kebutuhan, maka produk yang kamu ambil akan ditimbang isinya. Nah ini dia kelebihannya, hanya membayar isi tanpa termasuk kemasan tentu bisa lebih murah ya Bulkers.



Tips belanja curah secukupnya

Inget ya Bulkers, sistem belanja curah berfungsi untuk mengajak kamu buat membeli barang hanya sesuai kebutuhan. Belanja dengan jumlah yang berlebihan bisa mengurangi sampah makanan dan juga sampah kemasan. Buat kamu yang masih belum familiar dengan cara belanja curah, jangan khawatir ya. Caranya gak sesulit yang kamu kira kok dan juga di toko curah itu gak mengharuskan kamu membeli dalam jumlah yang berkilo-kilo. Bahkan kamu sebenarnya bisa loh membeli hanya 1gram aja.



Ini dia tips #BelanjaCurahSecukupnya versi BulkSource:


-      Buat list barang beserta jumlah yang dibutuhkan

Sebelum pergi belanja curah, lebih baik kamu sudah punya plan dulu dari rumah. Kamu bisa mengecek kebutuhan sehari-hari apa aja yang sudah habis dan dibutuhkan dalam waktu dekat. Jangan lupa juga untuk memperkirakan berapa banyak berat yang dibutuhkan.


-      Siapkan wadah untuk mengisi barang yang akan dibeli

Setelah tau barang apa yang dibutuhkan, kamu bisa menyiapkan wadah sendiri dari rumah lho. Toko curah membebaskan kamu untuk menggunakan wadah pakai ulang dalam jenis apapun. Wadah bisa berupa jar kaca, kotak makan, botol minum, botol spray, dan lain sebagainya. Namun jika ternyata kamu tidak membawa wadah ketika sudah di tempat, biasanya toko curah juga menyediakan kemasan reusable / biodegradable.


-      Datang ke toko curah seperti BulkSource

Setelah siap dengan list belanja, selanjutnya kamu pergi ke tokonya yah. Salah satunya bisa mengunjungi toko curah BulkSource. Ketika sampai di sana, kamu bisa langsung mencari barang yang masuk kedalam list belanja yang tadi dibuat.


-      Ambil dan timbang barang yang dibutuhkan

Setelah menemukan barang yang mau dibeli, kamu bisa mengambilnya lalu menimbang sesuai jumlah yang dibutuhkan. Toko curah biasanya menawarkan sistem self-service atau bisa dilayani oleh pelayan tokonya.


-      Variasikan berbagai produk dalam satu wadah

Nah, ini dia uniknya dari belanja di toko curah. Kamu bisa mencampurkan berbagai bahan-bahan dalam 1 wadah. Misalnya, kamu mau memasak beras sehat, kamu bisa langsung mencampurkan bahan-bahannya seperti biji jali, beras sorgum, beras coklat, quinoa, dan lain-lainnya di wadah yang sama.


-      Beri label sebagai penanda

Kalau semua barang kebutuhan sudah ditimbang, kamu bisa melabeli dengan memberi nama dan mencantumkan berat dari isi yang kamu beli supaya tidak lupa saat melakukan pembayaran ya.


-      Bawa barang mu ke kasir dan bayar

Langkah terakhir yaitu kamu bisa membawa semua kebutuhan mu itu ke meja kasir. Toko curah akan menghitung harganya sesuai dengan berat yang tadi kamu sudah timbang ya, kecuali kalau kamu menggunakan wadah yang disediakan oleh toko, maka kamu juga harus membayar untuk wadahnya juga. Setelah transaksi selesai, kamu udah bisa bawa kebuthan mu ke rumah deh.


Nah gampang banget kan belanja dengan sistem curah. Mungkin tanpa disadari kalau belanja sistem ini sangat mudah buat dilakukan dan banyak untungnya. Kamu gak perlu beli barang dengan jumlah berlebihan, tidak perlu membayar kemasannya yang sekali pakai, lebih sehat dan hemat. Buat kamu yang mau belanja kebutuhan sehari-hari, yuk mulai #BelanjaCurahSecukupnya di BulkSource.


Jan 10, 2021
Kenali Konsep 7R untuk Bumi Tercinta


Pada artikel pertama ini, kita mau membahas tentang isu sampah. Mungkin kalian masih belum tau nih, kalau volume sampah itu semakin mengkhawatirkan. Tumpukanya bisa saja menyelimuti permukaan bumi, mencemari lingkungan di laut dan daratan. Kalau masalah sampah di Indonesia, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Waken LH) Alue Dohong pernah menyatakan kalau sampah terbanyak itu dihasilkan dari kegiatan rumah tangga. Angkanya juga cukup menakjubkan, yaitu mencapai angka 67,8 juta ton lho! Coba bayangin deh, kalau ditumpuk terus, bisa saja sampah itu setinggi gunung (Aditya, 2020).


Angka itu tidak bisa dikategorikan sebagai volume yang kecil. Banyak sekali jenis sampah yang tidak dapat didaur ulang. Penggunaan kemasan sekali pakai menjadi salah satu konstribusi terbesar menumpuknya sampah di Indonesia.


Selama ini, kita telah diberikan banyak kenyamanan menikmati bumi beserta lingkungannya. Mulai dari udara yang dihirup, pemandangan yang indah, hingga bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Tapi timbal balik yang kita kasih ke bumi tidak setimpal. Padahal kita kan hanya numpang sementara saja di Bumi, harusnya kita merawatnya bukan mencemarinya. Bumi gak pernah marah lho dengan kondisinya sekarang, walaupun dirinya terus dicemari oleh jari-jemari kita. Bayangkan, jika suatu hari bumi mengungkapkan kemarahannya, bagaimana nasib kita?


Tunggu dulu, masih belum terlambat kok! Masih ada cara untuk menyelamatkan bumi kita ini dengan menerapkan konsep 7R. Kita bisa aplikasikan di kehidupan sehari-hari untuk mulai memangkas sampah dan meningkatkan kualitas konsumsi secara bersamaan. Urutannya sih lumayan saklek ya, jadi kalau mau go zero-waste dengan efisien mungkin bisa coba ikutin konsep 7R ini.



7 R itu singkatan dari (Rethink, Refuse, Reduce, Reuse/repurpose, Repair, Recycle, dan Rot)


·     Rethink

Ketika ingin membeli suatu barang, coba deh pikir-pikir lagi apakah kamu beneran membutuhkannya. Biasanya ini sering terjadi saat kita Impulse Buying. Contohnya saat kita belanja makanan, biasanya pasti suka beli barang yang mungkin sedang trendy saat itu, tapi sebenernya kalau dibeli, kita gak akan makan karena sebenarnya tidak suka dengan rasanya. Bisa juga seperti membeli barang-barang seperti fashion, aksesoris, ataupun hobi. Coba deh sebelum beli, kamu tahan dulu dan tunggu 1 – 3 minggu, apakah kamu masih kepikiran membelinya atau enggak.


·     Refuse

Cara yang bisa dilakukan sebelum mengonsumsi banyak barang yang tidak dibutuhkan yaitu dengan menolaknya. Upaya ini bisa menjadi langkah awal mengurangi dampak penumpukan sampah. Contohnya jika sedang pergi ke sebuah restoran, bisa menolak untuk diberikan sedotan plastik pada gelas minuman yang dipesan. Bisa juga kamu menolak diberikan tempat belanja plastik sekali pakai dan mengganti dengan keranjang milik mu sendiri.


·     Reduce

Kurangi penggunaan yang sifatnya sekali pakai semaksimal mungkin. Perlu diingat bahwa banyak banget jenis sampah yang sulit terurai dan didaur ulang. Produk yang sering kita jumpai salah satunya adalah kemasan. Banyak sekali produk yang dikemas secara berlebihan yang akhirnya akan menjadi sampah. Selain itu bisa juga ada di jenis produk beauty care, yang malah kemasannya lebih mahal daripada isinya. Salah satu cara menguranginya, yaitu dengan membeli secara curah. Jadi kamu benar-benar hanya membeli sesuai kebutuhan dan juga mengurangi sampah kemasan.


·     Reuse/Repurpose

Upaya lain yang bisa dilakukan yaitu menggunakan barang-barang yang sifatnya bisa dipakai kembali setelah pemakaian pertama. Dengan tidak membeli barang baru, artinya bisa memperpanjang umur atau fungsi dari barang-barang yang kita punya. Contoh terbaik adalah memilih untuk mengkonsumsi barang yang bisa kita pakai terus menerus daripada yang sekali pakai (kotak makan, alat makan, botol minum).


Sedangkan repurpose, tujuannya yaitu lebih mengalih fungsikan barang lain. Contohnya kita bisa memakai ulang botol plastik air minum yang kita udah terlanjur beli untuk wadah saus di rumah, jadi pot tanaman, ataupun bisa dikreasikan jadi kerajinan yang lain.


·     Repair

Kalau kita punya barang yang sedikit cacat atau rusak, sebaikan dicek lagi deh, bisa untuk diperbaiki atau enggak. Kalau ternyata hanya kerusakan kecil dan tidak mengubah fungsi utamanya, lebih baik bisa kamu perbaiki dulu daripada langsung buat ke tong sampah. Misalnya, kalau kita punya baju yang berlubang atau sepatu yang jebol, kamu bisa menambalnya dengan tambahan kain atau menggunakan benang saja. Sekarang udah banyaj loh DIY yang ngasih tau cara untuk me-repair barang. Kalau bisa dipakai lagi, kan nanti kamu lebih hemat gak perlu beli yang baru.


·     Recycle

Setelah melalui tahap rethink, refuse, dan reuse sebisa kita, kemungkinan besar pasti tetap menghasilkan sampah. Bedanya, volume yang dihasilkan lebih sedikit. Nah, dengan recycling kita bisa menghindari sampah yang benar-benar enggak bernilai (atau masuk ke TPA). Ada banyak banget lho jenis sampah yang gak bisa didaur ulang, contohnya seperti beberapa jenis plastik, aluminium foil, bahkan kaca di Indonesia sendiri tidak banyak yang dapat di-recycle. Sampah lainnya seperti sampah medis ataupun elektronik perlu penanganan khusus dan dibuang terpisah supaya gak membahayakan ekosistem. Jadi penting banget kan saat kita beli suatu barang, kita sudah bisa tau tingkat kemungkinan daur ulang dari kemasan barangnya.



·     Rot

Rot ini sebenernya adalah biarkan dia (sampah) membusuk. Artinya kita bisa membiarkan jenis sampah organik melalui proses pembusukan untuk dijadikan kompos. Kita bisa biarkan sampah organik membusuk dengan cara yang benar dan tentunya bermanfaat, bukan biarkan membusuk di TPA gitu yah. Kita bisa banget pilih produk/kemasan yang terbuat dari bahan-bahan yang alami organik. Pastinya lebih memungkinkan untuk di kompos. Contoh gampangnya, kita beli makanan take away, sebagai ganti pengguaan plastik, kita bisa pilih box yg 100% plastik keras atau memilih 100% kertas saja supaya bisa di kompos


Nah, sekarang kamu udah tau kan apa itu 7R. Masih belum terlambat kok untuk mulai hidup yang lebih hijau. Jangan lupa kalau bumi ini juga tempat untuk hidup anak-cucu kita nanti, yuk berikan usaha yang terbaik agar semuanya kelak bisa hidup dengan bahagia.



Referensi:

Aditya, Aldzah Fatimah. (2020). KLHK Jumlah Sampah Nasional 2020 Mencapai 678 Juta Ton. IDNTimes, didapat dari https://www.idntimes.com/news/indonesia/aldzah-fatimah-aditya/klhk-jumlah-sampah-nasional-2020-mencapai-678-juta-ton/1.